Sunday, August 29, 2010

Plankton dan Badai

Lautan yang didalamnya terdapat sedikit plankton akan semakin kecil menyebabkan resiko terjadinya badai di laut. Warna lautan dapat digunakan untuk memprediksi intensitas terjadinya badai. atau dengan kata lain perubahan cuaca bisa dideteksi dengan jumlah kandungan plankton yang ada pada lautan tersebut.
Pusat gyre cenderung lebih jernih dibandingkan daerah tepinya, sehingga panas dari matahari akan masuk sampai kedalaman 100 meter, sedangkan pada bagian tepi akan masuk sekitar 5 samapai 10 meter. Pada perairan yang kaya plankton, matahari hanya masuk pada kedalaman sekitar 5 samapai 10 meter. sedang pada perairan yang jernih sinar matahari bisa masuk lebih dalam.
Panas matahari yang bisa masuk lebih dalam akan terkait dengan arus dalam, menimbulkan wilayah atau daerah yang lebih dingin dibandingkan daerah lainnya. Tidak ada arus yang mendorong air yang lebih panas pada daerah yang kaya plankton. wilayah perairan yang dingin akan merubah pola konveksi dan akan mengurangi terjadinya pusaran pada lautan.

No comments:

Post a Comment