Sunday, August 29, 2010

PLANET BARU NASA

Baru baru ini NASA mengumumkan kepler spacecraft menemukan sistem planet yang terdiri atas dua planet dan dua bintang yang terletak dekat dengan planet tersebut. NASA memperkirakan kedua planet ini layak huni (peradaban manusia, kemungkinan akan dipindah dari bumi menuju kedua planet ini; yang diberi nama Kepler 9b dan Kepler 9c). Kepler 9b mempunyai ukuran yang lebih besar, dibandingkan Kepler 9c. Kepler 9b memiliki kala revolusi 19 hari, sedangkan Kepler 9c memiliki kala revolusi 38 hari.

Namun, NASA kembali mengeluarkan pernyataan, bahwa planet-planet tersebut tidak layak untuk menjadi tempat tinggal manusia. Pernyataan ini dikeluarkan setelah inframerah spitzer space telescope mendeteksi adanya debu yang menyelimuti planet planet tersebut. Dari mana asalnya debu tersebut? Para ahli astronomi menarik kesimpulan bahwa planet planet tersebut cukup sering bertabrakan satu dengan yang lain.
" Inilah science fiction sesungguhnya," hal tersebut merupakan pendapat Jeremy Drake, seorang ahli astronomi di Harvald-Smithsonian Centre for Astrophysics. "data data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa planet planet yang ada pada sistem ini tidaklah beruntung, tabrakan merupakan hal yang umum terjadi. Secara teoritis mungkin planet yang bisa dihuni ini merupakan jenis planet yang sering bertubrukan, sehingga jika disana ada kehidupan, maka pasti akan merupakan kehancuran."

No comments:

Post a Comment